Thursday, January 08, 2009

Pembibitan Kelapa Sawit - IV

Main Nursery ( MN )

Transpalanting (perpindahan dari Pre Nursery ke Main Nursery) dilakukan pada bibit yang berumur 3 s/d 4 bulan atau memiliki 4 s/d 5 helai daun.

Polybag

Ukuran Polybag besar adalah 0,15 mm x 35 cm x 50 cm lay flat (setelah diisi tanah diameter +/- 23 cm dan tinggi +/- 39 cm) berwarna hitam dengan empar garis lubang perforasi 5 cm x 5 cm.Ketebalan polybag harus merata, hal ini dapat dilihat dengan cara mengamati dibalik sinar matahari, todak ada bagian terang karena tipis. Kelenturan polybag harus baik agar tidak rusak atau mudah merobek karena terik matahari.

Media Tanam

Sama dengan di Pre Nursery.

Pengisian Polybag

Polybag harsu sudah selesai diisi tanah minimal 4 minggu sebelu pemindahan bibit dari Pre Nursery, untuk mendapatkan tingkat kepadatan tanah yang stabil setelah dilakukan penyiraman setiap hari.

Cara Pengisian Polybag Besar (Large Bag) :

  1. Polybag harus dibalik sebelum diisi tanah agar polybag dapat berdiri tegak dan silendris.
  2. Media tanah harus disaring melalui saringan 1,5 cm x 1,5 cm untuk menghindari adanya gumpalan-gumpalan tanah, sampah, akar tanaman.
  3. Persiapkan media tanam dan isikan ke dalam polybag, hindarkan pemadatan tanah dalam polybag dengan cara menekan kuat ke arah bawah, tetapi dengan cara mengguncang hingga ketinggian tanah 2,5 cm dari bibir polybag.

Penempatan Polybag

Polybag disusun dengan jarak 90 cm segitiga sama sisi. Untuk dapat menempatkan polybag dengan rapi, terlebih dahulu dilakukan pemancangan didua sisi petak memakai alat meteran dan tali dengan menggunakan bahan cat dan anak pancang. Pada saat menyusun polybag, tidak dibenarkan meyengkram bibir polybag, tetapi memindahkan dengan cara memegang dasar dari polybag tersebut, agar polybag tidak robek.

Transpalanting di Polybag Besar

Prosedur pelaksanaan transpalanting dari polybag kecil ke polybag besar adalah :

  1. Untuk temapt pemindahan bibit polybag kecil dibutuhkan cutter untuk menyayat polybag kecil tersebut, dan dibutuhkan angkong untuk memindahkan ke areal Manin Nursery.
  2. Pastikan polybag besar sudah tersusun benar dengna posisi tegak dan telah diisi dengan tanah.
  3. Satu hari sebelum tranpalanting, siram tanah di polybag besar sampai jenuh air, guna memudahkan pembuatan lubang tanam pada keesokan harinya.
  4. Buat lubang di tengah polybag dengna menggunakan alat pelubang yang sudah dipersiapkan, kedalaman lubang dibuat +/- 20 cm atau disesuaikan dengan tinggi tanah di polybag kecil.
  5. Siram bibit di prenursery sebelum dipindahkan
  6. Setelah bibit yang akan ditranspalanting berada disamping polyubag besar, maka sayat polybag kecil secara vertikal disepanjang sisinya dengan cutter, keluarkan bibit lengkap dengan tanahnya dari polybag kecil dengan hati-hati dan masukkan ke dalam lubang tanam di polybag besar, da dipastikan saat memindahkannya tidak ada rongga diantara tanah yang baru dipindahkan.
  7. Lakukan penyiraman secukupnya segera sesudah transpalanting.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggakan Pesan Anda, Terimakasih!!