Wednesday, January 07, 2009

Pembibtan Kelapa Sawit - II

 

PRE NURSERY

Tujuan Pre Nursery adalah memberikan waktu lebih longgar untuk membuat persiapan areal bibitan dan mempersempit tempat pemeliharaan bibit selama 3 bulan pertama (pada saat bibit memilii 4-5 helai daun) untuk memudahkan pemeliharaan yang optimal.

Ukuran Polybag

Ukuran polybag kecil (babybag) adalah 0,075 mm x 15 cm x 23 cm lay flat (setelah diisi akan berdiameter +/- 10 cm dan tinggi +/- 17,5 cm) berwarna hitam dengan dua baris lubang perforasi berjarak 5 cm x 5 cm. Letak lubang dimulai dari tengah kantong plastik bagian bawah.

Media Tanam

Media tanam menggunakan top soil (kedalaman 20-30 cm) tanah mineral dengan tekstur lempung, kecuali di areal gambut dapat menggunakan tanah gambut. Media tanah tersebut sebaiknya diayak (disaring) memakai saringan 1 cm x 1 cm untuk mencegah masuknya gumpalan-gumpalan tanah, serta bersih dari sampah dan kotoran lainnya. Media tanam harus dicampur dengan 50 kg pupuk Rock Posphate (RP) +/- 2 m3 tanah (+/- 1.000 polybag kecil).

Pengisian Polybag

Cara pengisian polybag kecil :

  1. Empat minggu sebelum penanaman kecambah, polybag harus sudah diisi tanah dalam jumlah cukup.
  2. Guncang polybag pada waktu pengisian untuk memadatkan tanah dan diisi sampai mencapai ketinggian 1 cm dari bibir polybag (hampir penuh).
  3. Polybag disiram air setiap hari sampai tanah jenuh sebelum dilakukan penanaman dan isi kembali dengan tanah bila diperlukan.

Penempatan dan Penyusunan Polybag

  1. Persiapkan bedengan dengan lebar 120 cm dan panjang yang disesuaikan dengan kondisi areal (10-15 m), jarak antar bedengan 70 cm. Tanah bedengan ditinggikan +/- 6 cm dengan mengikis tanah dari daerah antar bedengan, sehingga air tidak akan tergenang di bedengan. Dipasang papan lebar 10 cm atau bambu disepanjang pinggir bedengan, untuk menahan agar polybag tidak tumbang.
  2. Polybag disusun secara rapat pada bedengan. Dalam satu bedengan areal pre nursery dapat disusun sebanyak 1.200 s/d 1.800 polybag kecil.

Sementara dah dulu, akan kita lanjutkan tetap di Pre Nursery tetapi dengan sub topick yang lebih seru lagi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggakan Pesan Anda, Terimakasih!!