Wednesday, January 07, 2009

Pembibitan Kelapa Sawit - I

Tujuan Pembibitan Kelapa Sawit adalah untuk menghasilkan bibit kelapa sawit yang berkwalitas tinggi yang harus tersedia sesuai dengan kebutuhan tahapan penanaman oleh kebun itu sendiri, ataupun untuk dijual kembali.

PENENTUAN LOKASI BIBITAN :

Faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi pembibitan:

  1. Ketersediaan air yang bermutu baik dan bersih dengan pH minimum 4 yang cukup untuk mengairi minimal 80.000 liter/ha/hari (sesuai dengan jumlah bibit yang ada).
  2. Lokasi diusahakan datar, berdrainase baik dan tidak terkena banjir.
  3. Tersedia Top Soil (lapisan atas tanah/humus) dalam jumlah yang cukup untuk pengisian polybag.
  4. Aman dari segala gangguan termasuk pohon tinggi di sekitar lokasi pembibitan.

PENENTUAN LUAS BIBITAN:

Umur bibit siap tanam yang optimum adalah 11 s/d 13 bulan. Sedangkan jarak antara polybag pada Main Nursery harus 90 cm, dengan bentuk segitiga sama sisi, sehingga luas 1 Ha bibitan dapat menampung lebih kurang 12.000 bibit.

PERSIAPAN LAHAN DAN PELAKSANAAN PEMBIBITAN :

Lahan bibitan harus sudah dalam kondisi bersih lengkap dengan instalasi air dan jaringan jalan sebelum penanaman kecambah dimulai, dan untuk Perusahaan Besar biasanya pembibitan dilakukan dengan 2 tahapan, dan untuk kebun pribadi lebih sering melakukan satu tahapan saja (untuk hemat cost/biaya). Tetapi pembahasan kita kali ini menggunakan 2 tahapan yaitu Pre Nursery dan Main Nursery.

Sistem Irigasi

Tujuan penerapan sistem irigasi yang tepat adalah untuk memastikan bahwa masing-masing polybag bibit dilapangan memperoleh air yang cukup setiap hari untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal.

Penyiraman bibit menggunakan sistem pengairan berkabut (mist irrigation), dengan demikian air yang digunakan juga harus bermutu baik dan bersih dengan pH air minimum 4.

Ukuran Mesin dan Pompa Air

Kapasitas mesin dan pompa air yang digunakan dengan sistem Mist Irrigation (pengairan berkabut) dan menggunakan Sumizansui sesuai dengan kondisi di lapangan, dan dapat dilihat dalam tabel berikut :

Luas Plot Bibitan

Ukuran Pompa

Ukuran Mesin

s/d 15 Ha 270 USGM @ 150 FT Head 20 HP @ 1.250 RPM
>15 s/d 25 Ha 540 USGM @ 150 FT Head 35 HP @ 1.300 RPM

Demikian belajar kita tentang persiapan pembibitan, dan saya akan melajutkan dengan bahan PRE NURSERY di PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Kedua)

1 comment:

  1. Mohon penjelasan mengenai Ukuran Pompa 270 USGM @ 150 FT Head dengan Ukuran Mesin 20 HP @ 1.250 RPM
    Terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan Tinggakan Pesan Anda, Terimakasih!!